Setelah Kulon Progo, Kini Gunungkidul Mengirimkan Sampel Covid-19 ke Laboratorium, Khawatir Varian Omicron

Jumat, 14 Januari 2022 – 22:30 WIB
Setelah Kulon Progo, Kini Gunungkidul Mengirimkan Sampel Covid-19 ke Laboratorium, Khawatir Varian Omicron - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: sampel Covid-19 varian omicron (Foto: Pixabay)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru saja mengirimkan satu sampel tes usap pasien Covid-19 ke pemerintah DIY untuk diperiksa apakah ada kemungkinan varian Omicron.

Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul khawatir jika pasien tersebut tertular varian Omicron karena memiliki riwayat kontak dengan orang dari luar daerah.

"Kemarin kami langsung mengambil sampel tes usap ke laboratorium di Yogyakarta. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah terkait Omicron atau tidak," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty Jumat (14/1).

Ia mengatakan pasien terkonfirmasi Covid-19 itu merupakan warga Kecamatan Playen. 

Menurut informasi, warga tersebut terpapar setelah salah satu anggota keluarganya kembali dari perjalanan ke luar daerah. 

Kondisinya bergejala dan kini dirawat di RSUD Wonosari.

"Saat ini, kami masih melakukan pelacakan ketat. Adapun prosesnya dilakukan oleh petugas Puskesmas Playen. Kronologi sampai berapa yang dilacak belum diketahui karena masih terus berjalan," katanya.

Dewi mengakui varian Omicron bisa menular lebih cepat. 

Pemerintah Gunungkidul telah mengirim satu sampel Covid-19 ke pemerintah DIY untuk diperiksa apakah ada kemungkinan varian Omicron.