2 Tahun 'Digantung' Perusahaan, Buruh-Buruh Ini Demo ke DPRD Kulon Progo

Kamis, 27 Januari 2022 – 21:05 WIB
2 Tahun 'Digantung' Perusahaan, Buruh-Buruh Ini Demo ke DPRD Kulon Progo - JPNN.com Jogja
Ratusan buruh PT Kurnia Bumi Pertiwi berdemonstrasi di depan kantor DPRD Kulon Progo (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ratusan buruh arang briket PT Kurnia Bumi Pertiwi berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY, pada Kamis (27/1).

Mereka menuntut wakil rakyat memediasi pertemuan antara buruh dan perusahaan terkait pemenuhan hak-hak yang digantung selama dua tahun tanpa kejelasan.

Ketua Serikat Buruh Kuda Laut PT Kurnia Bumi Pertiwi Subandi mengatakan bahwa pihaknya meminta hak-hak karyawan yang bekerja selama kurang-lebih 20 tahun.

Pihak perusahaan, kata dia, tidak kunjung menjelaskan bagaimana nasib hak-hak mereka selama dua tahun terakhir.

"Dari April 2020 sampai saat ini, status kami tidak jelas. Tidak dipekerjakan, tidak diupah, padahal status kami adalah karyawan tetap. Kami mengharapkan DPRD Kulon Progo dapat memediasi persoalan status kami yang digantung selama dua tahun. Kami minta ada PHK massal," harap Subandi saat melakukan audiensi di DPRD Kulon Progo, Kamis (27/1).

Ia juga meminta DPRD Kulon Progo ikut mendesak perusahaan agar membayarkan premi BPJS dan JAMSOSTEK para karyawan.

"Kami minta perusahaan untuk membuatkan surat pengalaman kerja dan perusahaan harus membayar hak-hak karyawan yang telah memasuki masa pensiun, yang sampai saat ini juga belum mendapatkan haknya," katanya.

Selanjutnya, kata Subandi, Serikat Buruh Kuda Laut menyampaikan aspirasi kepada DPRD Kulon Progo untuk mendapatkan perhatian serius dan memperjuangkan hak-hak mereka sebagai kaum buruh.

Ratusan buruh PT Kurnia Bumi Pertiwi berdemo di depan kantor DPRD Kulon Progo mendesak agar hak-hak mereka sebagai karyawan tetap segera dipenuhi.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News