Di Sleman, Liburan Waisak Lebih Ramai Ketimbang Lebaran

Selasa, 17 Mei 2022 – 08:30 WIB
Di Sleman, Liburan Waisak Lebih Ramai Ketimbang Lebaran - JPNN.com Jogja
Salah satu objek wisata di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Liburan akhir pekan kemarin bertepatan dengan peringatan Waisak 2022 sehingga membuat jumlah kunjungan wisata meningkat.

Di beberapa objek wisata andalan Kabupaten Sleman, jumlah kunjungan wisata selama libur panjang Waisak justru lebih banyak ketimbang puncak libur panjang Lebaran 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan libur panjang Waisak didominasi oleh wisatawan yang menggunakan bus-bus pariwisata.

Dari hasil monitoring yang dilakukan di lapangan ada perubahan pola kelompok pengunjung dari kelompok keluarga pada libur Lebaran menjadi kelompok-kelompok yang menggunakan kendaraan bus besar.

"Dari pencatatan data yang kami peroleh, puncak kunjungan pada beberapa destinasi di Sleman malah terjadi saat hari libur panjang Waisak ini," katanya.

Ia mengatakan dari data yang masuk, destinasi wisata Tebing Breksi Prambanan dari puncak jumlah kunjungan (peak) libur Lebaran kemarin 5.250 pengunjung.

Jumlahnya meningkat menjadi 7.815 wisatawan saat libur Waisak.

Kunjungan wisatawan di Monumen Jogja Kembali dari peak Lebaran 779 orang meningkat pada peak hari Minggu (15/5) sejumlah 1.457 wisatawan.

Puncak kunjungan wisata di Kabupaten Sleman bukan Lebaran, tetapi Waisak 2022. Loh, kok bisa begitu?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News