Menhub Ungkap Masalah di Bus Pariwisata Sehingga Sering Kecelakaan

Selasa, 24 Mei 2022 – 07:00 WIB
Menhub Ungkap Masalah di Bus Pariwisata Sehingga Sering Kecelakaan - JPNN.com Jogja
Kecelakaan tunggal yang melibatkan bus pariwisata asal Sukoharjo, Bantul pada (6/2). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kecelakaan bus yang marak terjadi akhir-akhir ini membuat banyak pihak khawatir dengan keamanan moda tranportasi darat tersebut.

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan penumpang pascakecelakaan banyak ditemukan tak laik jalan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan apa yang menjadi masalah dalam pengelolaan bus pariwisata di Indonesia.

Menurut dia, banyak perusahaan otobus (PO) yang belum terdaftar atau tidak mendaftarkan diri.

Hal itu membuat pemerintah kesulitan untuk mengecek kelayakan operasi kendaraan dan sopirnya.

"Kami tengarai bahwa laka-laka (kecelakaan lalu lintas) bus ini terjadi pada bus-bus yang tidak terdaftar, pengemudinya pun tidak terdaftar," kata Menhub Budi Karya di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (23/5).

Sebelumnya, telah terjadi kecelakaan bus di sejumlah lokasi, salah satunya di Ciamis, Jawa Barat di mana sebuah bus mengalami kecelakaan dan menewaskan empat orang karena rem diduga blong.

Kecelakaan bus juga terjadi di Tol Surabaya-Mojokerto KM 712 pada Senin (16/5) yang mengakibatkan belasan orang dilaporkan meninggal dunia.

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkapkan apa masalah dalam pengelolaan bus pariwisata sehingga banyak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News