IKN Nusantara Rawan Digempur dari Udara, Jenderal Andika Perkasa Bilang Begini

Kamis, 26 Mei 2022 – 20:00 WIB
IKN Nusantara Rawan Digempur dari Udara, Jenderal Andika Perkasa Bilang Begini - JPNN.com Jogja
Lokasi IKN Nusantara. Foto: M Fathra Nazrul Islam/dokumentasi JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Beberapa waktu lalu, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Andi Widjajanto mengatakan bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur rentan terhadap ancaman serangan udara dari luar.

"Secara geografis, IKN Nusantara rentan terhadap ancaman eksternal, khususnya yang bersumber dari udara," kata Andi saat menyampaikan orasi ilmiah di Lemhannas, Kamis (19/5).

Oleh karena itu, dia meminta agar kapasitas anti-access/area-denial (A2/AD) di sekitar Nusantara perlu diperkuat.

Merespons hal tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjamin bahwa anggotanya akan menjaga keamanan IKN Nusantara secara maksimal.

"Intinya harus kami buat maksimal pengamanan ibu kota baru," kata dia saat berkunjung ke Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Rabu (25/5).

Ia menegaskan bakal memaksimalkan alat utama sistem senjata (alutsista) yang saat ini telah dimiliki untuk mendukung keamanan di Nusantara.

"Yang penting apa yang kami miliki, kami berusaha untuk memaksimalkan gelar kami di sana," kata dia.

Terkait potensi ancaman gangguan dan serangan udara di Nusantara, dia telah mengajukan pengadaan sistem persenjataan maupun penambahan kekuatan personel di kawasan itu.

IKN Nusantara disebut rawan terhadap serangan dari udara. Panglima TNI Jenderal Andikan Perkasa bilang begini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News