Terminal Giwangan jadi Kantong Parkir Bus Pariwisata, Mengantisipasi Kemacetan Akhir Pekan

Jumat, 19 Agustus 2022 – 08:25 WIB
Terminal Giwangan jadi Kantong Parkir Bus Pariwisata, Mengantisipasi Kemacetan Akhir Pekan - JPNN.com Jogja
Di Terminal Giwangan Yogyakarta akan dibangun kantong parkir bus pariwisata. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana untuk menjadikan Terminal Giwangan sebagai salah satu kantong parkir bus pariwisata.

Terminal Giwangan memiliki lahan yang cukup untuk membangun kantong parkir baru bagi bus-bus pariwisata.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan kebijakan itu diambil untuk mengurangi kemacetan di Kota Jogja yang selalu terjadi setiap akhir pekan.

“Seiring dengan rencana pembatasan akses masuk bus pariwisata ke Kota Yogyakarta, bus pariwisata diarahkan parkir di Terminal Giwangan,” kata dia pada Kamis (18/8).

Sumadi mengatakan rencana itu menjadi bagian dari program revitalisasi Terminal Giwangan pada 2023 dan sudah diketahui serta disetujui oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Dengan parkir di Terminal Giwangan, Sumadi berharap potensi kemacetan di Kota Yogyakarta, terutama saat akhir pekan atau saat libur panjang, bisa dikurangi.

“Setiap akhir pekan rata-rata ada sekitar 500 bus pariwisata masuk ke Kota Yogyakarta. Jumlah tersebut cukup berpotensi meningkatkan kepadatan lalu lintas sehingga perlu dilakukan upaya untuk memecah kepadatan dengan mengarahkan parkir ke Terminal Giwangan,” katanya.

Nantinya, wisatawan akan memanfaatkan shuttle bus untuk masuk ke Kota Yogyakarta atau ke lokasi wisata yang dituju.

Pemkot Yogyakarta berencana untuk membangun kantong parkir bus pariwisata di Terminal Giwangan. Kemacetan di Kota Jogja harapannya bisa teratasi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News