Mahasiswa UGM Paling Kreatif, Terbanyak dapat Bantuan dari Kemendikbudristek

Selasa, 27 September 2022 – 10:37 WIB
Mahasiswa UGM Paling Kreatif, Terbanyak dapat Bantuan dari Kemendikbudristek - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Mahasiswa UGM menciptakan formula Eco Lindi. Foto: Dok. UGM

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi yang paling banyak mendapatkan bantuan pendanaan program kreativitas mahasiswa (PKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek, pada 2022 mahasiswa UGM telah mendapatkan 117 PKM.

Direktur Kemahasiswaan UGM Suharyadi mengatakan capaian ini didapat berkat kerja keras mahasiswa dan dosen pembina yang didukung penuh oleh fakultas dan universitas.

“Namun, kami masih punya tantangan di ajang Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yang rencananya akan terselenggara pada akhir tahun ini. Semoga UGM bisa tampil baik pada Pimnas 2022," ucap Suharyadi.

PKM adalah program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek khusus untuk universitas di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

PKM terbagi menjadi sepuluh bidang, yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Suherman mengatakan pada tahun ini UGM meloloskan 84 tim atau judul PKM di delapan bidang. Ada 33 tim yang mendapatkan pendanaan dari dua bidang.

Menurut Suherman, UGM berupaya untuk mempertahankan capaian tersebut dengan terus meregenasi tim dan dosen pembina sebagai persiapan Pimnas 2022.

UGM menjadi kampus yang paling banyak mendapatkan bantuan program kreativitas mahasiswa dari Kemendikbudristek.
Sumber ugm.ac.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News