Pantai Selatan Jogja Sedang Dilanda Siklon Tropis Noru, Ombak Bisa Sampai 6 Meter

Jumat, 30 September 2022 – 09:30 WIB
Pantai Selatan Jogja Sedang Dilanda Siklon Tropis Noru, Ombak Bisa Sampai 6 Meter - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Ombak tinggi di Pantai Selatan. Foto: Basaranas Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kawasan pantai selatan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini sedang dilanda oleh siklon tropis Noru.

Fenomena itu menyebabkan pola angin bergerak dengan kecepatan tinggi 15 sampai 20 kilometer per jam.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) siklon tropis Noru menyebabkan gelombang tinggi di lepas pantai.

Kepala Kelompok Data Analisis Prakirawan BMKG Yogyakarta Romadi mengatakan gelombang di bibir pantai masih cukup landai.

"Namun di lepas pantai yang berjarak lebih kurang lima sampai tujuh kilometer dari bibir pantai, gelombangnya bisa mencapai empat sampai enam meter atau sangat tinggi," kata dia, Kamis (29/9).

Romadi mengatakan kecepatan angin di dekat siklon tropis Noru yang saat ini sedang aktif di perairan laut Filipina bagian barat mencapai 70 knot atau kurang lebih 130 kilometer per jam.

"Kecepatan angin sangat mempengaruhi tinggi gelombang. Saat ini kecepatan angin sangat tinggi karena adanya siklon di perairan Filipina barat dan ada tekanan rendah di barat Australia. Gelombang di perairan Jawa bagian selatan sangat tinggi," ujar dia.

Romadi meminta wisatawan atau masyarakat yang beraktivitas di pantai selatan agar selalu mewaspadai gelombang tinggi dan selalu mendengarkan arahan dari petugas.

Pantai selatan di Jogja sedang dilanda gelombang tinggi akibat fenomena siklon tropis Noru. Wisatawan harap berhati-hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News