Jogja Dilanda Cuaca Ekstrem, Kabupaten Bantul Mulai Merasakan Dampaknya

Senin, 03 Oktober 2022 – 21:01 WIB
Jogja Dilanda Cuaca Ekstrem, Kabupaten Bantul Mulai Merasakan Dampaknya - JPNN.com Jogja
Pohon tumbang dampak cuaca ekstrem di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Hampir seluruh wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang.

Hujan lebat terjadi pada Minggu (2/10) hingga Senin pagi (3/10).

Di Kabupaten Bantul, DIY, setidaknya ada tujuh kejadian yang timbul sebagai dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul mendapat laporan bahwa telah terjadi empat kasus pergeseran tanah, dua pohon tumbang dan satu banjir atau genangan.

Kepala BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto mengatakan tujuh kejadian tersebut tersebar di beberapa kecamatan yaitu wilayah Piyungan, Kretek, Imogiri dan Dlingo.

"Itu laporan sementara dari Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) tentang perkembangan situasi wilayah akibat hujan di Bantul. Masih bisa berkembang, laporan masuk sekitar pukul 07.40 WIB dan perkembangan akan disampaikan kembali," katanya pada Senin pagi (3/10).

Meskipun begitu, Agus mengatakan tidak ada korban jiwa atau kerugian materiel di masyarakat. Hanya saja, beberapa infrastruktur dan sarana rusak akibat hujan selama lebih dari lima jam.

"Sampai saat ini belum ada laporan masyarakat yang mengungsi, tetapi ada talut yang ambrol dan jalan longsor," kata dia.

Jogja dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang. Di Bantul, setidaknya ada tujuh peristiwa terkait cuaca ekstrem.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News