3 Kabupaten di Jogja Bersatu Membentuk Kuntul Gunung

Rabu, 30 November 2022 – 12:25 WIB
3 Kabupaten di Jogja Bersatu Membentuk Kuntul Gunung - JPNN.com Jogja
Sebuah poros baru bernama Kuntul Gunung dibuat untuk mengembangkan kawasan pantai selatan Jogja. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya tiga kabupaten yang terhubung langsung dengan kawasan pantai selatan, yaitu Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo.

Pemimpin ketiga kabupaten itu pada 21 November lalu menandantangai sebuah nota kesepahaman (MoU) untuk saling bersinergi dalam satu poros baru yang diberi nama Kuntul Gunung.

Tujuannya, pemerintah di tiga kabupaten tersebut ingin bersama-sama mengembangkan kawasan pantai selatan DIY, terutama untuk menggenjot potensi wisata dan sektor perikanan.

Nama Kuntul Gunung merupakan akronim dari Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul.

Selain itu, pemilihan kata Kuntul juga terinspirasi dari salah satu jenis burung pemangsa hama yang selama ini banyak membantu petani dalam membasmi hama serangga.

Keberadaan poros Kuntul Gunung juga sesuai visi misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menempatkan daerah selatan DIY sebagai teras depan. Itulah yang membuat Sultan HB X akhir-akhir ini sering berkunjung ke tiga kabupaten tersebut.

Sinergi dan daya kolaborasi antarinstansi pemerintah di kabupaten wilayah selatan DIY dalam poros baru ini terus dibangun dalam mengembangkan pantai selatan DIY, salah satunya untuk kawasan eksploitasi ikan yang belum dimanfaatkan optimal.

Pengembangan pantai selatan Kuntul Gunung sebagai daerah eksploitasi ikan tersebut juga menjadi perhatian Gubernur DIY, yang seringkali mengatakan bahwa tuna terbaik itu berada di wilayah selatan Pulau Jawa atau selatan DIY.

Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo bersatu salah sebuah poros baru yang disebut Kuntul Gunung. Apa maksudnya?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia