Harga Telur Ayam di Yogyakarta Melonjak, Ini Sebabnya

Rabu, 07 Desember 2022 – 13:15 WIB
Harga Telur Ayam di Yogyakarta Melonjak, Ini Sebabnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Harga telur ayam naik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Harga telur ayam dan beberapa komoditas lainnya di Kota Yogyakarta melonjak cukup tinggi dalam beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan pantauan dari Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, telur ayam di pasar tradisional rata-rata dijual dengan harga Rp 29.000 per kilogram.

Kepala Bidang Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Riswanti mengatakan kenaikan harga telur ayam disebabkan tingginya permintaan masyarakat.

"Kenaikan harga telur ayam murni disebabkan kenaikan permintaan. Kebetulan, bersamaan dengan pencairan dana bantuan sosial dari pemerintah sehingga ada kenaikan permintaan," kata dia, Selasa (6/12).

Selain itu, tingginya permintaan untuk komoditas telur ayam juga disebabkan banyaknya pelaku usaha kuliner yang mulai memproduksi berbagai kue atau makanan untuk persiapan perayaan Natal.

"Permintaan naik sedangkan produksi telur ayam tetap sehingga harga ikut terkerek," katanya.

Selain telur ayam, komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga menjelang akhir tahun adalah berbagai jenis cabai dengan kenaikan harga yang beragam antara delapan persen hingga 33 persen.

Cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 40.000 per kg atau naik sekitar 14 persen, cabai merah kerinting dijual Rp 27.000 per kg atau naik delapan persen, dan cabai rawit hijau dijual Rp 40.000 per kg atau naik 33 persen.

Harga telur ayam di Kota Yogyakarta melonjak dalam sepekan terakhir. Ternyata, ini penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia