Daftar Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Bantul

Kamis, 08 Desember 2022 – 12:15 WIB
Daftar Kerusakan Akibat Angin Puting Beliung di Bantul - JPNN.com Jogja
Dampak angin puting beliung di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kelurahan Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diterjang angin puting beliung pada Selasa siang (6/12).

Komandan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan total sebanyak 142 titik tersebar di Dusun Kalidadap I dan II, Dusun Srunggo I dan II terdampak angin puting beliung.

Kerusakan yang timbul akibat musibah itu terdiri dari 138 rumah, akses jalan satu titik, jaringan listrik satu titik, jaringan telepon satu titik, kandang ternak satu titik, dan fasilitas umum satu titik.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih telah berkunjung ke Desa Selopamioro untuk mengecek dampak bencana.

"Saat ini kami berada di Desa Selopamioro, persisnya di Dusun Srunggo II untuk melakukan pengecekan lapangan setelah daerah ini dilanda puting beliung pada Selasa kemarin," kata Bupati Bantul di Selopamioro Bantul, Rabu (7/12).

Hasil pendataan, kata dia, angin puting beliung berdampak pada sekitar 138 rumah yang mengalami kerusakan terutama pada atap karena genting-genting beterbangan tersambar angin puting beliung.

"Hari ini kami masih terus menginventarisasi kerugian yang diderita oleh saudara-saudara kita di Desa Selopamioro ini terutama Dusun Srunggo I dan II, Dusun Kalidadap I dan II," katanya.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sukarelawan yang sudah hadir di lokasi terdampak puting beliung untuk membantu melakukan pembersihan dan pemasangan kembali genteng-genteng yang jatuh.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memantau dampak bencana yang timbul akibat angin puting beliung. Begini perinciannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News