Sebegini Jumlah Kuota Calon Jemaah Haji Bantul

Sabtu, 28 Januari 2023 – 08:00 WIB
Sebegini Jumlah Kuota Calon Jemaah Haji Bantul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi penjemputan jemaah haji Yogyakarta. Foto: Humas Pemkab Gunungkidul

jogja.jpnn.com, BANTUL - Warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mendapatkan angka pasti berapa jumlah calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah pada tahun ini.

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi umat Muslim yang mampu. Setiap tahunnya, Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota calon jemaah haji bagi setiap negara, termasuk Indonesia.

Kepala Kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Ahmad Shidqi mengatakan kuota yang didapat adalah 950 orang.

Dia menyebut jumlah kuota calon jemaah haji di Indonesia sudah seperti sebelum pandemi, yaitu sebanyak 221 ribu orang, dengan asumsi sebanyak 17 ribu calon haji plus, dan sebanyak 204 ribu calon haji reguler.

"Untuk Kabupaten Bantul dapat jatah sebanyak 950 calon haji. Tidak ada batasan usia dari Arab Saudi, semua calon haji punya kesempatan yang sama pada tahun ini," katanya.

Menurut dia, tidak ada calon jemaah haji prioritas pada tahun ini sehingga yang berhak melakukan pelunasan adalah mereka yang masuk dalam daftar sesuai porsi nomor urut yang ditentukan.

"Jatah haji tahun ini sesuai dengan kuota tetap yang dihitung per seribu Muslim satu orang," katanya.

Menuru dia, calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun ini rata-rata telah melakukan pendaftaran haji sejak 2011 sehingga setidaknya mereka telah menunggu selama sekitar 12 tahun sejak mendaftar untuk bisa berangkat.

Kantor Kemenag Bantul sudah mendapatkan angka pasti berapa kuota calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia