Dari 17 Pedagang Jalan Perwakilan, Hanya 14 yang Pindah ke Pasar Klithikan

Senin, 30 Januari 2023 – 09:05 WIB
Dari 17 Pedagang Jalan Perwakilan, Hanya 14 yang Pindah ke Pasar Klithikan - JPNN.com Jogja
Pencopotan spanduk pedagang Jalan Perwakilan, Sabtu (31/12). Foto: FKKP

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Para pedagangan di Jalan Perwakilan, Kota Yogyakarta sudah tidak boleh lagi membuka lapak mereka sejak 4 Januari 2023 karena di sana akan dibangun Jogja Planning Gallery (JPG).

Total ada 17 pedagang yang diminta untuk menghentikan aktivitas berjualan yang sudah mereka lakukan berpuluh tahun.

Sebagai gantinya, Pemerintah Kota Yogyakarta menawarkan kepada para pegadang untuk pindah ke Pasar Klithikan.

Pasar Klitikhan adalah pasar yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 34, Kuncen, Kasihan, Bantul. Selama ini, Pasar Klithikan dikenal sebagai tempat jual beli barang-barang bekas dan rongsokan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan hanya 14 pedagang yang bersedia pindah ke Pasar Klithikan.

“Dari 17 pedagang yang sebelumnya melihat ke lokasi di Pasar Klithikan, hanya ada 14 yang kemudian memutuskan masuk ke pasar tersebut. Ini yang kemudian kami fasilitasi,” kata dia pada Minggu (29/1).

Tiga pedagang lainnya, sesuai keterangan yang diperoleh Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, memilih tidak menempati lokasi di Pasar Klithikan.

Aktivitas jual beli pedagang di Jalan Perwakilan sisi utara atau di sirip Jalan Malioboro sudah dihentikan sejak 4 Januari karena lokasi tersebut akan menjadi bagian dari rencana pembangunan Jogja Planning Gallery oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemkot Yogakarta hanya memfasilitasi 14 pedagang Jalan Perwakilan ke Pasar Klithikan. Tiga pedagang lainnya tidak bersedia pindah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News