Sebelum Mitigasi, Ini yang Harus Dilakukan untuk Meminimalisir Dampak Gempa Bumi

Kamis, 09 Februari 2023 – 10:02 WIB
Sebelum Mitigasi, Ini yang Harus Dilakukan untuk Meminimalisir Dampak Gempa Bumi - JPNN.com Jogja
Petugas penyelamat mencari korban selamat di bawah reruntuhan bangunan pascagempa di Diyarbakir, Turki, Senin (6/2/2023). (ANTARA FOTO/REUTERS/Sertac Kayar/tom)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dunia sedang berduka karena gempa bumi berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Turki dan Suriah. Sampai saat ini korban jiwa sudah lebih dari 12.000 orang.

Gempa bumi adalah goncangan permukaan bumi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba di litosfer bumi yang menimbulkan gelombang seismik. Indonesia adalah salah satu negara yang rawan terjadi gempat bumi dan tsunami.

Pakar geologi dan kebencanaan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Eko Teguh Paripurno mengatakan gempa dahsyat seperti di Turki dan Suriah sangat mungkin terjadi di Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat harus melakukan tindakan agar bisa meminimalisir dampak gempa.

"Sebelum bicara mitigasi, yang perlu dilakukan adalah pemetaan gedung-gedung tua yang akan jadi masalah," kata Eko, Rabu (8/2).

Dia mengatakan Indonesia pernah dilanda gempa hebat, misalnya yang terjadi di Aceh pada 2004, di Jogja pada 2006, dan di Sumatera Barat pada 2009.

"Berdasarkan sejarah kejadian gempa di Indonesia, sangat memungkinkan terjadi dan berulang di Indonesia. Gempa Aceh bahkan lebih kuat dari gempa Turki. Tentu dengan mekanisme yang berbeda," ujar dia.

Selain bangunan tua, pemetaan juga perlu menyasar gedung-gedung tinggi atau bertingkat yang berada di kawasan rawan gempa dan memiliki kerentanan tinggi.

Pakar geologi UPN Veteran Yogyakarta menilai ada hal penting yang harus dilakukan agar bisa meminimalisir dampak gempa bumi di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia