Jembatan Gantung Duwet di Banjarharjo Ditutup Sementara

Kamis, 23 Maret 2023 – 10:01 WIB
Jembatan Gantung Duwet di Banjarharjo Ditutup Sementara - JPNN.com Jogja
Jembatan gantung Duwet di Kulon Progo ditutup karena kondisnya yang rusak parah. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Jembatan Gantung Duwet yang ada di Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo terpaksa ditutup untuk sementara waktu pada Rabu (22/3).

Jembatan itu mengalami kerusakan parah pada bagian talud sehingga membahayakan pengguna jalan.

Kanit Keamanan Keselamatan Berlalu Lintas (Kamsel) Satlantas Polres Kulon Progo Ipda Tauchid mengatakan penutupan itu sudah diputuskan bersama dengan Dinas Perhubungan dan tokoh masyarakat sekitar.

"Jembatan Gantung Duwet Kalibawang untuk sementara ditutup total dan tidak bisa dilalui karena alami kerusakan," kata Ipda Tauchid.

Menurut dia, talut fondasi pengaman untuk Jembatan Duwet di Kalurahan Banjarharjo itu rusak parah.

Talut jembatan yang masuk kategori cagar budaya itu ambrol tak tersisa sehingga membahayakan pengguna jalan yang melewati jembatan gantung penghubung Kulon Progo dan Jawa Tengah.

"Kami informasikan kepada seluruh warga masyarakat bahwa Jembatan Gantung Duwet Banjarharjo ditutup total karena kondisi jembatan mengalami kerusakan. Kami sudah memasang water barrier, garis polisi, dan spanduk imbauan," katanya.

Ipda Tauchid mengimbau kepada masyarakat yang biasa menggunakan jalur Jembatan Gantung Duwet agar menggunakan jalur alternatif yang lain.

Polres Kulon Progo bersama Dinas Perhubungan setempat menutup jembatan gantung Duwet di Banjarharjo karena terjadi kerusakan pada taludnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News