Catat, Ini 5 Pos Pemantauan Arus Mudik di Bantul

Sabtu, 01 April 2023 – 06:05 WIB
Catat, Ini 5 Pos Pemantauan Arus Mudik di Bantul - JPNN.com Jogja
Arus mudik lebaran mulai terpantau. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Menjelang Lebaran 2023, Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan membuka posko pemantauan arus mudik.

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul berencana mulai membuka posko pemantauan sejak H-7 sampai H+7 Lebaran 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Singgih Riyadi mengatakan rencananya akan ada lima posko pemantauan arus mudik yang dibuka, yaitu di Posko Induk Gabusan Jalan Parangtritis, Posko Srandakan, Posko Klangon Jalan Wates Sedayu, Posko Piyungan dan Posko TPR Parangtritis.

"Itu yang kami tempatkan di sana lima pos, tetapi nanti petugas-petugas kami yang lain juga bergabung dengan pos-pos pengamanan yang didirikan oleh Kepolisian Resor (Polres) Bantul, maupun Dinas Perhubungan DIY," katanya.

Dia mengatakan bahwa akan ada dua pos gabungan yang dijaga bersama Dishub DIY, yaitu di simpang Patuk Jalan Yogyakarta-Wonosari dan Pos Prambanan Jalan Yogyakarta-Solo.

"Dari Polres ada beberapa pos pengamanan yang biasa mereka dirikan, nanti personel kami bergabung di sana, tetapi pos yang khusus ditangani Dishub Bantul ada lima untuk H-7," katanya.

Singgih mengatakan pada hari H Lebaran hingga seminggu setelah hari raya, penempatan posko selain difokuskan di arus balik juga di jalur-jalur pariwisata. Dia menyebut setidaknya ada sepuluh posko yang tersebar di wilayah Bantul.

"Posko Induk Gabusan, Posko Srandakan, Posko Klangon dan Posko Piyungan dan Posko TPR Parangtritis masih. Kemudian, kami tambah pos di kompleks wisata hutan pinus Mangunan, seperti di Puncak Becici, Puncak Pengger, Posko di Cinomati, kemudian Posko di Jembatan Kretek," katanya.

Dishub Bantul akan membuka lima pos pemantauan arus mudik selama Lebaran 2023. Di sini lokasinya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia