Sultan HB X dapat Penghargaan Adhipati Sanapati

Jumat, 09 Juni 2023 – 15:22 WIB
Sultan HB X dapat Penghargaan Adhipati Sanapati - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan dari BSSN pada Kamis (8/6). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan Adhipati Sanapati dari Badan Siber dan sandi Negara (BSSN) pada Kamis (8/6).

Sri Sultan HB X dianggap berjasa memprakarsai berdirinya Museum Sandi bersama Mayjen TNI Nachrowi Ramli.

Tercatat hanya ada tiga tokoh yang menerima penghargaan karena jasanya di dunia persandian, salah satunya Sri Sultan HB X. 

Menurut Sultan, tidak mudah membicarakan siber ataupun sandi karena perkembangan teknologi membuat tantangan makin besar.

"Hal-hal seperti ini merupakan suatu tantangan yang luar biasa baik menyangkut masalah peralatan itu sendiri yang bisa disalahgunakan ataupun mungkin permasalahan lainnya," kata Sultan. 

Ia berharap pengamanan siber atau sandi di departemen dan lembaga negara bisa ditingkatkan.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan menjawab tantangan dalam perkembangan teknologi. 

"Semoga Badan Siber dan Sandi Negara ini sukses melaksanakan tugas kewajibannya menjaga rahasia negara dan kita juga merasa aman dan nyaman," ujarnya. (mcr25/jpnn)

Sri Sultan Hamengku Buwono X adalah satu dari tiga tokoh di Indonesia yang dianugerahi penghargaan dari BSSN pada Kamis (8/6).

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News