9 Kebakaran di Bantul pada Awal Juni 2023, Masyarakat Diminta Waspada

Sabtu, 10 Juni 2023 – 11:01 WIB
9 Kebakaran di Bantul pada Awal Juni 2023, Masyarakat Diminta Waspada - JPNN.com Jogja
Kebakaran pabrik milik PT Busana Remaja Agracipta di Bantul pada Sabtu (31/12). Foto: Humas Polres Bantul

jogja.jpnn.com, BANTUL - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini sedang memasuki musim kemarau kering yang meningkatkan risiko kebakaran rumah, lahan atau pekarangan.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, di daerah itu telah terjadi sembilan kejadian kebakaran sejak awal Juni 2023.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan pernah dalam waktu 24 jam ada tiga kasus kebakaran.

"Total dari 1 sampai 9 Juni ada sembilan kejadian kebakaran rumah dan lahan," katanya.

Meski demikian, kata dia, tidak ada korban jiwa akibat kejadian kebakaran rumah dan lahan pada musim kemarau itu, sementara untuk estimasi kerugian akibat kejadian tersebut masih dalam penghitungan.

Oleh karena itu, BPBD mengimbau warga Bantul untuk meningkatkan kewaspadaan karena puncak musim kemarau masih akan berlangsung hingga Agustus 2023.

"Mari tingkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan terhadap kebakaran rumah dan lahan," ujarnya.

Aka Luk Luk mengatakan masyarakat bisa melakukan pencegahan kebakaran dengan tidak meninggalkan api pembakaran material sampah sebelum dipastikan padam.

BPBD Bantul meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena sudah ada sembilan kasus kebakaran sejak awal Juni 2023.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News