Putusan MK Sering Tak Sampai ke Masyarakat, UWM Siap Menyosialisasikan

Sabtu, 15 Januari 2022 – 10:07 WIB
Putusan MK Sering Tak Sampai ke Masyarakat, UWM Siap Menyosialisasikan - JPNN.com Jogja
Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta Prof. Dr. Edy Suandi Hamid bersama Dr. Aida Dewi. Foto: Humas UWM Yogyakarta

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta akan melaksanakan seminar nasional bertajuk "Implikasi Putusan Mahkamah Konstitusi Terhadap Perubahan Norma Pidana" pada Sabtu (15/1).

Seminar yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Malioboro tersebut merupakan kerjasama antara Fakultas Hukum UWM dan Mahkamah Konstitusi RI.

Seminar tersebut menghadirkan pembicara dari beberapa dosen UWM, hakim konstitusi Dr. Suhartoyo dan Doktoral Ilmu Hukum Universitas Sebelah Maret Prof. Dr. Hartiwiningsih.

Dosen Fakultas Hukum UWM Dr. Aida Dewi melihat ada problem dalam sosialisasi putusan hukum MK dan pengetahuan masyarakat.

Menurutnya perlu ada langkah tertentu berupa sosialisasi putusan-putusan MK dan kerjasama antar lembaga penegak hukum maupun MK dan perguruan tinggi.

"Fakultas Hukum UWM melaksanakan seminar ini bagian dari sumbangsih untuk menjelaskan ke publik tentang putusan-putusan hukum pidana dari hasil judicial review di MK," jelasnya pada Jumat (14/1).

Selain itu, poin penting lainnya adalah bagaimana elemen-elemen hukum yang substansial dari putusan-putusan MK tersebut bisa dipahami oleh masyarakat.

Tidak itu saja, lanjutnya, hal tersebut juga perlu dipahami olen kalangan penegak hukum. (mcr25/jpnn)

Dosen Fakultas Hukum UWM Dr. Aida Dewi melihat ada problem dalam sosialisasi putusan hukum MK dan pengetahuan masyarakat. Simak selengkapnya.