Target Berat Pertumbuhan Ekonomi Kota Yogyakarta pada 2022

Rabu, 19 Januari 2022 – 09:03 WIB
Target Berat Pertumbuhan Ekonomi Kota Yogyakarta pada 2022 - JPNN.com Jogja
Target berat pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta (Foto: Januardi/JPNN)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta pada tahun ini ditargetkan bisa mencapai lima persen. 

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta Kadri Renggono mengatakan target tersebut cukup berat untuk direalisasikan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih.

"Harapannya bisa mencapai lima persen. Tetapi pasti dibutuhkan usaha yang cukup berat untuk bisa merealisasikannya," kata Kadri di Yogyakarta, Selasa (18/1).

Pada 2021, pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta mencapai sekitar tiga persen. 

"Pada pertengahan tahun lalu sempat terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi hingga minus akibat gelombang pandemi Covid-19 varian Delta," katanya.

Meskipun membutuhkan kerja keras, lanjut Kadri, target tersebut tetap dapat diupayakan untuk diwujudkan asalkan kondisi pandemi Covid-19 bisa terkendali di tengah ancaman gelombang baru penularan akibat munculnya varian Omicron.

Sebagai kota pariwisata dan budaya, Yogyakarta tetap akan bertumpu pada sektor pariwisata untuk menggerakkan roda perekonomian didukung sektor lain, termasuk industri kreatif yang juga menjadi kekuatan kota tersebut.

"Sektor pariwisata tetap menjadi tumpuan utama. Untuk awal tahun ini ada fenomena yang menarik yaitu tidak lagi menjadi low season karena wisatawan tetap mengalir masuk ke Yogyakarta," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki target pertumbuhan ekonomi yang cukup berat untuk direalisasikan. Berikut rinciannya.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News