Pemkot Yogyakarta Yakin Wisatawan Akan Berburu Oleh-Oleh di Teras Malioboro, PKL Tak Perlu Khawatir

Jumat, 28 Januari 2022 – 15:30 WIB
Pemkot Yogyakarta Yakin Wisatawan Akan Berburu Oleh-Oleh di Teras Malioboro, PKL Tak Perlu Khawatir - JPNN.com Jogja
Teras Malioboro, tempat baru PKL Malioboro (Foto: M. Syukron Fitriansyah)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Malioboro akan segera pindah ke lokasi baru yang diberi nama Teras Malioboro 1 dan 2. 

Pemerintah Kota Yogyakarta yakin bahwa wisatawan yang berkunjung ke Malioboro akan tetap memadati Teras Malioboro untuk berburu oleh-oleh dan kuliner khas Yogyakarta.

“Kalau dilihat dari lokasi penempatannya, di lapak mana pun tidak akan masalah karena aksesnya baik dan luas,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kamis (27/1).

Sekitar 1.800 PKL Malioboro akan ditata di dua lokasi penempatan yaitu di Teras Malioboro 1 (eks Bioskop Indra) dan Teras Malioboro 2 (lahan bekas Dinas Pariwisata DIY).

Di Teras Malioboro 2 bahkan disiapkan dua pintu yang akan menjadi akses masuk pengunjung atau wisatawan yaitu dari Jalan Malioboro dan dari Jalan Mataram.

Wisatawan yang datang dari arah utara bisa masuk ke Teras Malioboro 2 untuk belanja oleh-oleh atau suvenir, sedangkan wisatawan dari arah selatan bisa masuk ke Teras Malioboro 1.

“Jadi, tetap ada penjual oleh-oleh di Malioboro. Dengan terkumpul di suatu lokasi justru akan memudahkan pembeli untuk berbelanja,” katanya.

Pemerintah daerah juga menyiapkan berbagai program untuk mengenalkan Teras Malioboro sekaligus menarik minat wisatawan untuk datang dengan pentas seni dan budaya.

Pemerintah Kota Yogyakarta meminta PKL Malioboro agar tidak khawatir karena lokasi baru juga akan dipadati wisatawan.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News