Upaya DPC PDIP Kota Yogyakarta Memperkokoh Pancasila Lewat Kebudayaan Lokal

Senin, 23 Mei 2022 – 10:45 WIB
Upaya DPC PDIP Kota Yogyakarta Memperkokoh Pancasila Lewat Kebudayaan Lokal - JPNN.com Jogja
Kelompok karawitan Swara Mahardika Prabu memeriahkan HUT ke-49 PDI Perjuangan Yogyakarta dengan tema Jaga Rasa Kanggo Bangsa pada Sabtu (21/5).  

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kelompok karawitan Swara Mahardika Prabu memeriahkan HUT ke-49 PDI Perjuangan Yogyakarta dengan tema Jaga Rasa Kanggo Bangsa pada Sabtu (21/5).

Kelompok karawitan yang diketuai Hendi Setio Yulianto itu mengusung semangat membangun kepribadian dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kebudayaan.

"Semangat inilah yang mendasari hadirnya kelompok karawitan Swara Mahardhika Prabu dalam mengisi HUT PDI Perjuangan," kata Hendi. 

Hendi yang juga menjabat ketua Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC Kota Yogyakarta mengatakan kelompok karawitan tersebut berisi para seniman, seniwati, pelaku serta pemerhati budaya di Kota Yogyakarta. 

Hendi menambahkan bahwa pihaknya akan terus berupaya menggali, melestarikan dan mengembangkan khazanah budaya yang ada di masyarakat. 

Di sisi lain, Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Eko Suwanto menegaskan bahwa Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan tanah air harus menjadi pelopor pelestarian budaya bangsa.

"Melalui festival gamelan Jaga Raga Kanggo Bangsa PDI Perjuangan mengajak masyarakat untuk nguri uri kebudayaan dan keistimewaan DIY," kata Eko.

Ia menambahkan bahwa dukungan dan fasilitas untuk pelaku kesenian sangat penting dihadirkan di ruang publik.

Melalui kebudayaan seperti karawitan ini DPC PDIP Kota Yogyakarta berharap dapat memperkokoh Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News