Penyakit Ginjal Kronis, Silent Killer yang Tak Disadari 95 Persen Penderitanya

Minggu, 13 Maret 2022 – 19:40 WIB
Penyakit Ginjal Kronis, Silent Killer yang Tak Disadari 95 Persen Penderitanya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi dari kampanye "Know Your Score" (ANTARA/Ho Baxter)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan sangat penting bagi kesehatan kita, terutama dalam menyaring racun atau zat-zat berbahaya.

Namun, ternyata banyak orang yang abai terhadap kesehatan ginjal dan enggan memeriksakan kesehatan ginjal.

Konsultan senior nefrologi di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura, dr Alvin Ng mengatakan bahwa 95 persen penderita penyakit ginjal kronis (PGK) ringan tidak menyadari bahwa mereka mengalami masalah ginjal.

“Dalam kebanyakan kasus penyakit ginjal progresif, tubuh dapat menyesuaikan diri dengan penumpukan racun dan pasien hanya akan merasa tidak sehat setelah fungsi ginjal mereka turun di bawah 15 persen," kata Alvin dalam keterangannya.

Ketika kondisi ini terjadi, seorang pasien dapat kehilangan lebih dari sepertiga fungsi ginjal mereka tanpa menunjukkan gejala apa pun.

PGK sering kali disebut silent killer atau pembunuh diam-diam karena para pasien kerap tidak menunjukkan gejala hingga penyakit mencapai tahap stadium lanjut.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan terkemuka bernama Baxter meluncurkan kampanye Know Your Score yang mengajak masyarakat untuk mengetahui nilai kesehatan ginjal mereka.

Nilai tersebut diukur melalui Glomerular Filtration Rate (GFR), tes darah sederhana yang mengukur performa ginjal.

Penyakit Ginjal Kronis telah merenggut banyak nyawa manusia. Hasil studi menyebut bahwa 95 persen penderitanya tak menyadari bahwa ginjal mereka bermasalah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News