Berbaik Hati, Pemda DIY Akan Siapkan Rumah Penampung Eks Pelaku Klitih

Rabu, 13 April 2022 – 08:03 WIB
Berbaik Hati, Pemda DIY Akan Siapkan Rumah Penampung Eks Pelaku Klitih - JPNN.com Jogja
Poster keresahan masyarakat terhadap aksi kejahatan jalanan atau klitih di Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana membuat boarding school berbasis foster care bagi anak yang kehilangan kesempatan mengenyam pendidikannya akibat kenakalan dan kejahatan jalanan atau klitih.

Pembahasan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY pada Selasa (12/4).

Sri Sultan HB X mengatakan program ini akan dikhususkan bagi anak-anak yang berpotensi dan pernah terlibat kenakalan atau tindak kejahatan di jalanan.

Menurutnya, anak-anak tersebut nantinya akan kembali mendapatkan pendidikan yang layak.

"Orang tuanya yang tidak menerima anaknya lagi kami kasih fasilitas tempat pendidikan hingga training," ujar Ngarsa Dalem.

Pemda DIY mencanangkan program tersebut bisa dilakukan di sekitar Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) di Kapanewon Pundong.

"Program untuk training yang ada di Pundong itu kami orientasikan kembali karena tanahnya luas," imbuhnya.

Ngarsa Dalem menambahkan asal sang anak mau bertempat tinggal di sana, nantinya akan tetap bisa sekolah.

Pemda DIY merencanakan pembangunan program boarding school berbasis foster care bagi anak yang pernah terlibat aksi kenakalan di jalanan atau klitih.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News