Jangan Sembarangan Naik, Ini Ciri Bus yang Laik Jalan untuk Mudik Lebaran

Selasa, 26 April 2022 – 10:21 WIB
Jangan Sembarangan Naik, Ini Ciri Bus yang Laik Jalan untuk Mudik Lebaran  - JPNN.com Jogja
Bus di terminal Giwangan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Arus mudik Lebaran di beberapa titik sudah mulai terpantau, meskipun masih dalam skala kecil. 

Di terminal Giwangan, Kota Yogyakarta telah terjadi peningkatan jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat ke luar kota. 

“Kedatangan penumpang sudah mulai meningkat tetapi masih menggunakan armada bus reguler, belum ada yang datang menggunakan bus tambahan,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, Senin (25/4).

Bus memang menjadi salah satu moda transportasi mudik paling diminati oleh masyarakat. 

Namun, Bekti mengingatkan penumpang untuk mendahulukan keselamatan perjalanan dengan menjadi pemudik yang bijak yaitu memilih armada yang sudah menjalani ramcheck.

“Cirinya adalah ada striker di kaca depan. Artinya, bus sudah dalam kondisi laik jalan,” katanya.

Demi menghindari tindak pidana pencurian, penumpang diimbau tidak membawa barang terlalu banyak atau perhiasan yang mencolok.

Berdasarkan data, peningkatan kedatangan penumpang khususnya yang menggunakan armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat akhir pekan bisa mencapai sekitar 2.000 penumpang.

Bagi masyarakat yang hendak mudik menggunakan bus, harus tahu mana kendaraan yang lain jalan. Begini cirinya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News