Mulai Ramai, Ini Tujuan Mudik Warga Perantau di Jogja

Rabu, 27 April 2022 – 08:03 WIB
Mulai Ramai, Ini Tujuan Mudik Warga Perantau di Jogja - JPNN.com Jogja
Bus di terminal Giwangan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat yang bekerja atau menempuh pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berangsur-angsur mulai mudik Lebaran ke daerah masing-masing.

Hal itu terlihat dari tingginya angka keberangkatan bus di terminal Giwangan, Kota Yogyakarta dalam sepekan terakhir. 

Pekan ini, beberapa armada bus di terminal Giwangan bahkan sudah mengoperasikan bus tambahan ke beberapa daerah yang paling banyak dituju oleh pemudik. 

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan daerah yang paling banyak dituju oleh penumpang bus adalah Pulau Sumatera. 

Pemberangkatan bus tambahan tersebut ditujukan agar tidak ada penumpang yang terlantar, terlebih tujuan penumpang cukup jauh hingga ke beberapa daerah di Pulau Sumatera seperti Lampung, Padang, dan Jambi.

Pada Senin (25/4/2022), penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tercatat sebanyak 3.496 orang.

"Dalam beberapa hari terakhir, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari terminal justru lebih banyak dari penumpang yang datang," katanya.

Selain tujuan Sumatera, peningkatan jumlah penumpang yang diberangkatkan juga terjadi untuk tujuan beberapa kota di Jawa khususnya Surabaya, Cilacap, dan Purwokerto.

Warga yang tinggal di Jogja mulai mudik ke daerah masing-masing melalui terminal Giwangan. Sebagian besar ke daerah ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News