Liburan Iduladha, Jumlah Kunjungan Wisata ke Bantul Justru Menurun

Senin, 11 Juli 2022 – 09:02 WIB
Liburan Iduladha, Jumlah Kunjungan Wisata ke Bantul Justru Menurun - JPNN.com Jogja
Jumlah kunjungan wisata di Bantul. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Libur panjang sekolah telah berakhir pada Minggu (10/7) bertepatan dengan perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu tujuan wisata.

Namun, pada liburan akhir pekan saat Iduladha jumlah kunjungan wisata justru menurun dibandingkan dengan akhir pekan lalu.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Bantul, jumlah wisatawan pada libur akhir pekan terakhir mengalami penurunan sebesar 38 persen.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan penurunan itu kemungkinan besar karena banyak siswa yang telah mempersiapkan diri untuk memasuki tahun ajaran baru pada Senin (21/7).

Dia menyebutkan data kunjungan wisata ke semua destinasi Bantul yang dikelola pemerintah dari 8 sampai 10 Juli 2022 sebanyak 29.773 orang dengan pendapatan sebesar Rp 289,3 juta.

Sedangkan data kunjungan selama tiga hari pada 1 sampai 3 Juli tercatat sebanyak 48.585 orang dengan pendapatan Rp 411 juta, turun sebanyak 38 persen.

Menurut dia, akhir pekan terakhir yang bertepatan dengan libur Iduladha 1443 Hijriah saat ini tidak memengaruhi peningkatan kunjungan wisata ke Bantul.

Pada liburan akhir pekan yang bertepatan dengan perayaan Iduladha 1443 Hijriah, jumlah kunjungan wisata ke Bantul justru menurun. Apa sebabnya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News