Musim Kemarau, Kasus Kebakaran Meningkat, Warga Jogja Diminta Wasapada

Jumat, 12 Agustus 2022 – 20:00 WIB
Musim Kemarau, Kasus Kebakaran Meningkat, Warga Jogja Diminta Wasapada - JPNN.com Jogja
Ilustrasi kebakaran. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta waspada dengan potensi musibah kebakaran karena saat ini sedang berlangsung musim kemarau.

Cuaca yang panas membuat potensi kebakaran meningkat sehingga masyarakat perlu mengantisipasinya sejak dini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat mengatakan pada Juli 2022 telah terjadi peningkatan kasus kebakaran di Jogja.

"Jumlah kasus kebakaran sudah lebih dari 50 persen dibandingkan total kasus tahun lalu," katanya.

Berdasarkan data, tercatat lima kasus kebakaran di Kota Yogyakarta pada Juni dan memberikan bantuan penanganan satu kasus kebakaran di luar Kota Yogyakarta.

Namun, pada Juli telah terjadi kenaikan hingga 11 kejadian kebakaran di dalam Kota Yogyakarta dan memberikan bantuan penanganan untuk sembilan kasus kebakaran di luar kota.

"Pada Agustus, belum ada kejadian kebakaran di dalam kota, tetapi kami sempat memberikan bantuan pada tiga kasus kebakaran dalam satu malam di luar kota dengan titik lokasi yang berbeda-beda," katanya.

Sepanjang 2021, tercatat 50 kasus kebakaran di dalam Kota Yogyakarta dan sepanjang tahun ini, total sudah ada 37 kasus kebakaran di kota tersebut.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah kebakaran saat musim kemarau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News