Pantai Selatan Akan Diterjang Gelombang Tinggi, Nelayan Wajib Waspada

Jumat, 02 September 2022 – 17:31 WIB
Pantai Selatan Akan Diterjang Gelombang Tinggi, Nelayan Wajib Waspada - JPNN.com Jogja
Ombak tinggi menerjak kawasan pantai selatan Yogyakarta. Foto: Twitter/TRC BPBD Bantul

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gelombang setinggi empat sampai enam meter diperkirakan bakal menerjang lepas pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gelombang tinggi akan terjadi selama beberapa hari ke depan sehingga masyarakat dan nelayan diminta untuk waspada.

Kepala Kelompok Data Analisis Prakirawan BMKG Yogyakarta Romadi meminta masyarakat yang beraktivitas di pesisir selatan DIY mewaspadai potensi gelombang tinggi itu.

"Meski potensi gelombang tinggi berada di lepas pantai, masyarakat atau wisatawan perlu mewaspadai karena gelombang bisa ke bibir pantai," kata dia.

Romadi menuturkan bahwa gelombang tinggi, antara lain dipicu angin timuran yang masih bertiup di wilayah Indonesia dan di selatan Jawa hingga September 2022.

Selain itu, terpantau adanya pola tekanan tinggi di barat Australia dan pola tekanan rendah di barat daya Sumatera.

"Dengan adanya dua pola tekanan, yakni pola tekanan tinggi dan pola tekanan rendah tersebut, memicu kecepatan angin meningkat sehingga terjadi gelombang tinggi," ujar dia.

Berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi yang diterbitkan BMKG pada 2 September 2022, gelombang tinggi tersebut diperkirakan terjadi hingga 4 September 2022.

BMKG memperkirakan ada gelombang setinggi empat sampai enam meter di lepas pantai selatan DIY. Nelayan dan masyarakat diminta waspada.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News