Kota Jogja Siap Dibanjiri 3 Juta Wisatawan Saat Libur Nataru

Jumat, 23 Desember 2022 – 12:10 WIB
Kota Jogja Siap Dibanjiri 3 Juta Wisatawan Saat Libur Nataru - JPNN.com Jogja
Tugu pal putih Yogyakarta. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan akan masuk ke Kota Yogyakarta.

Diprediksi akan ada empat juta wisatawan berkunjung ke DIY pada libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memperkirakan 90 persen dari jumlah itu akan masuk ke Kota Jogja.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif sekitar 3,6 juta wisatawan akan memadati Kota Yogyakarta selama libur akhir tahun sehingga dibutuhkan berbagai persiapan agar wisatawan tetap nyaman saat berada di Yogyakarta.

Jumlah tersebut meningkat sekitar 40 persen dibanding saat libur akhir tahun sebelumnya karena saat ini sudah tidak lagi diberlakukan pembatasan perjalanan.

Persiapan yang dilakukan di antaranya pengaturan arus lalu lintas agar tetap mengalir meskipun volume kendaraan dipastikan padat.

Kepadatan lalu lintas tersebut terjadi karena dimungkinkan sekitar 70 persen wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi, sedangkan sisanya datang menggunakan bus, kereta api, dan pesawat terbang.

“Kepadatan di beberapa ruas jalan tidak mungkin dihindari. Saya selalu mengatakan saat libur panjang seperti ini, wisatawan dapat menikmati Yogyakarta dengan cara yang lebih lambat,” katanya.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memprediksi lebih dari 3 juta wisatawan akan berkunjung ke Kota Yogyakarta saat libur Nataru.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News