Warga Jogja Diminta Mewaspadai Angin Kencang

Selasa, 17 Oktober 2023 – 09:00 WIB
Warga Jogja Diminta Mewaspadai Angin Kencang - JPNN.com Jogja
Musibah angin puting beliung di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta untuk mewaspadai potensi bencana yang mungkin muncul akibat angin kencang selama tiga hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprakirakan bakal ada angin kencang di Jogja karena bibit Siklon Tropis 99W di Laut China Selatan.

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono mengatakan warga Jogja perlu memangkas pohon yang rawan tumbang atau sudah rapuh.

Warjono mengatakan Siklon Tropis 99W terpantau di Laut China Selatan sebelah Timur Vietnam, Samudera Hindia, tepatnya di sekitar 14.5 derajat lintang utara (LU) dan 110.7 derajat bujur timur (BT) dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1006 hPa.

Posisi matahari yang berada di selatan khatulistiwa karena gerak semu tahunan matahari menyebabkan tingginya radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi. Akibatnya, kondisi tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan area sekitarnya sehingga angin yang berhembus semakin kencang.

"Bibit Siklon Tropis 99W dan tingginya radiasi matahari ini menyebabkan adanya potensi angin kencang dengan kecepatan di atas 10 knot dan kecepatan angin maksimum sesaat (Gusty) yang masih berpotensi terjadi di wilayah DIY dalam beberapa waktu ke depan terutama pada siang hingga sore hari," kata dia.

Warjono mengatakan pantauan hasil pengamatan automatic weather station (AWS) BMKG di beberapa wilayah DIY seperti Kecamatan Pakem dan Mlati, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Kulon Progo pada 15 Oktober 2023, kecepatan angin yang tercatat pada pukul 11.00 WIB sampai 15.00 WIB berkisar 10-17 knot atau 18-30 km per jam.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG DIY memprakirakan potensi angin kencang untuk 17 Oktober 2023 terjadi di Sleman bagian Utara, Kulon Progo bagian Selatan, Bantul bagian Timur dan Selatan, dan Gunungkidul pada siang-sore hari.

BMKG memprakirakan akan terjadi angin kejang di Jogja selama tiga hari ke depan. Warga Jogja diminta waspada dan memangkas pohon yang rawan tumbang.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia