Megathrust Itu Fakta, BPBD DIY Bersiap Siaga

Kamis, 05 September 2024 – 16:58 WIB
Megathrust Itu Fakta, BPBD DIY Bersiap Siaga - JPNN.com Jogja
Kerusakan akibat gempa bumi di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini dibuat heboh dengan adanya potensi gempa bumi berskala besar atau megathrust di pulau Jawa yang bisa memicu tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Setyoajie Prayoedhie mengatakan informasi tentang potensi megathrust bukan hisapan jempol.

Menurut dia, semua pihak harus mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terjadinya megathrust agar tidak menimbulkan kerugian sosial, ekonomi dan korban jiwa.

"Megathrust adalah fakta. Untuk itu BMKG mengimbau kepada pemerintah, pihak swasta, LSM, dan seluruh elemen masyarakat agar mulai melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi megathrust dengan cara tetap tenang dan beraktivitas normal seperti biasa," kata Setyoajie.

Setyoajie mengatakan tidak ada yang bisa memprediksi kapan megathrust akan terjadi. Informasi tentang megathrust juga bukan sebuah peringatan dini yang mana bencana itu akan terjadi dalam waktu dekat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini mulai bersiap siaga untuk menghadapi potensi terburuk jika megathrust benar-benar terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan masyarakat di pesisir pulai Jawa perlu meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan mitigasi.

"Perlu ada kerja sama multipihak untuk memberikan simulasi edukasi, sosialisasi, terutama masyarakat pesisir ketika terjadi megathrust," kata dia.

Warga Jogja diminta untuk mempersiapkan diri jika bencana megathrust benar-benar terjadi. BPBD saat ini sedang bersiapa siaga.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia