BBPOM Yogyakarta Beri Tips Memilih Kosmetik yang Aman, Bagaimana Caranya?

Jumat, 18 Februari 2022 – 09:15 WIB
BBPOM Yogyakarta Beri Tips Memilih Kosmetik yang Aman, Bagaimana Caranya? - JPNN.com Jogja
Ilustrasi jeli memilih kosmetik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Berbagai brand kosmetik dalam maupun luar negeri semakin mudah untuk ditemukan di Tanah Air.

Bahkan konsumen bisa saja dibuat bingung dan bimbang dalam memilih produk-produk asli di pasaran.

Menurut Wakil Ketua 1 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DIY Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam mengatakan bahwa konsumen harus teliti dan jeli dalam memilih kosmetik.

“Karena sekarang itu yang memproduksi kosmetik banyak. Makanya, ibu-ibu harus selektif memilih kosmetik yang aman. Tidak hanya cocok saja, tapi juga harus aman,” tutur Gusti Putri dalam diskusi Penyebaran Informasi tentang Memilih Kosmetik Aman pada Selasa (15/2).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sekarang penggunaan kosmetik tidak hanya identik dengan perempuan, termasuk pula anak-anak dan kaum adam.

Oleh karena itu, ia menekankan untuk tetap jeli dalam memilih kosmetik yang mau digunakan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Yogyakarta Dewi Prawitasari menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap produksi serta peredaran kosmetik.

“Setiap sarana yang akan memproduksi kosmetik itu harus memiliki sertifikat cara pembuatan kosmetik yang baik. Tempatnya harus  sudah memenuhi ketentuan, produknya juga harus dilakukan uji laboratorium,” terang Dewi.

Di tengah maraknya peredaran kosmtik di pasaran, masyarakat sebagai konsumen dituntut untuk jeli dalam memilih kosmetik yang aman. Berikut tips dari BPOM.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News