Kepala BPOM Berkunjung ke JEC, Pastikan Keamanan Vaksinasi Booster

Minggu, 16 Januari 2022 – 11:14 WIB
Kepala BPOM Berkunjung ke JEC, Pastikan Keamanan Vaksinasi Booster - JPNN.com Jogja
Kepala BPOM RI meninju vaksinasi booster di JEC (Foto: Arena)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Salah satu tempat vaksinasi dosis ketiga atau booster dilaksanakan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Jogja Expo Center (JEC), Kabupaten Bantul.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K. Lukito turut meninjau pelaksanaan vaksinasi booster untuk warga lanjut usia dan ASN di JEC.

Penny K. Lukito ingin memastikan bahwa vaksin yang digunakan telah memenuhi keamanan, khasiat, dan mutunya.

"Badan POM melalui Balai Besar POM (BBPOM) di Yogyakarta telah melakukan pengawasan penerapan cara distribusi obat yang baik (CDOB) sebagai serangkaian penanganan vaksin Covid-19 di lapangan," ujarnya.

Vaksinasi booster sebagai penguat setelah sasaran vaksin mendapat vaksin dosis satu dan dua tersebut menggunakan vaksin AstraZeneca yang didistribusikan oleh Instalasi Farmasi Pemerintah (IFP) Provinsi DI Yogyakarta.

Hasil pengawalan BBPOM Yogyakarta per Januari 2021, IFP Provinsi DIY telah menyelesaikan semua perbaikan (CAPA Closed) atas temuan pada awal pemeriksaan. 

Distribusi vaksin terbilang khusus untuk memastikan mutu vaksin tetap terjaga hingga disuntikkan.

Kepala BPOM menjelaskan bahwa pemberian vaksin booster ini dilakukan untuk meningkatkan kembali imunogenisitas yang telah menurun seiring dengan berjalannya waktu, setelah tubuh menerima vaksinasi primer lengkap.

Kepala BPOM RI Penny Lukito berkunjung ke sentra vaksinasi booster untuk memastikan keamanan vaksin.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News