Siap-Siap, Warga Yogyakarta Akan dapat Vaksin Booster Kedua

Selasa, 24 Januari 2023 – 20:21 WIB
Siap-Siap, Warga Yogyakarta Akan dapat Vaksin Booster Kedua - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Stok vaksinasi di Jogja menipis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta akan segera mendapatkan vaksinasi Covid-19 penguat atau booster dosis kedua.

Vaksinasi booster kedua adalah pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis lengkap dan booster pertama.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Lana Unwanah mengatakan saat ini mereka sedang menunggu sistem administrasi dari pemerintah pusat agar vaksinasi dosis kedua bisa diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas.

"Sampai sekarang sistem dari pusat belum siap. Kami siap melayani jika sistem sudah siap," kata Lana pada Selasa (24/1).

Dia menjelaskan bahwa mekanisme pemberian vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum akan dilakukan seperti saat pemberian vaksinasi booster kedua untuk warga lanjut usia yang sudah dimulai sejak akhir 2022.

Warga yang sudah memenuhi ketentuan dapat langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit untuk mengakses vaksinasi booster kedua.

Vaksin yang digunakan akan disesuaikan dengan jenis vaksin yang saat itu tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan, misalnya vaksin Pfizer dapat digunakan sebagai booster bagi masyarakat yang sebelumnya menerima vaksin primer jenis Pfizer, Sinovac, AstraZeneca dan Moderna.

Khusus untuk lansia di Kota Yogyakarta, capaian vaksinasi booster pertama tercatat 81,94 persen atau sebanyak 37.642 orang dan vaksinasi booster kedua mencapai 15,3 persen atau diakses oleh 7.028 lansia.

Pemkot Yogyakarta sedang menunggu sistem administrasi dari pemerintah pusat untuk memberikan vaksinasi booster kedua bagi warga Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News