Vaksin Covid-19 Sudah Siap, Booster Kedua di Jogja Dimulai Pekan Depan

Rabu, 25 Januari 2023 – 12:31 WIB
Vaksin Covid-19 Sudah Siap, Booster Kedua di Jogja Dimulai Pekan Depan - JPNN.com Jogja
Situasi penyelenggaraan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Banguntapan 3 pada Rabu (5/10). Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis penguat atau booster kedua.

Dinas Kesehatan DIY memperkirakan program vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas bisa dimulai pekan depan.

Vaksinasi booster kedua adalah pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis lengkap dan booster pertama.

"Ada beberapa Puskesmas yang sudah minta izin melayani booster kedua, tetapi untuk yang (skala) besar kami mulai pekan depan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DIY Agus Priyanto, Selasa (24/1).

Pelayanan vaksinasi booster kedua di Jogja akan lebih digencarkan ditingkat kabupaten/kota karena jangkauan yang lebih luas.

"Provinsi juga mengadakan, tetapi untuk skala-skala kecil, khususnya daerah yang sulit dijangkau," ujar dia.

Terkait stok vaksin, ia memastikan saat ini dalam kondisi siap untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi booster kedua.

Menurut dia, persediaan vaksin di DIY yang saat ini didominasi jenis pfizer akan langsung didistribusikan ke kabupaten/kota.

Dinkes DIY memastikan bahwa program vaksinasi booster kedua sudah siap dijalankan pekan depan. Warga Jogja siap-siap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News