Salah Satu Kecamatan di Gunungkidul Berstatus Tanggap Darurat Bencana Angin Kencang

Rabu, 23 Februari 2022 – 19:45 WIB
Salah Satu Kecamatan di Gunungkidul Berstatus Tanggap Darurat Bencana Angin Kencang - JPNN.com Jogja
BPBD DIY memberikan dukungan penanganan musibah angin kencang yang melanda wilayah Gunungkidul pada (22/2) pagi.

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Dampak dari kejadian angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (22/2) pagi, salah satu kecematan di sana kini bertatus tanggap darurat bencana.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidu, Kecamatan Semanu saat ini sah berstatus tanggap darurat bencana angin kencang.

"Kami berharap status tanggap darurat ini dapat digunakan untuk mempercepat penanganan dampak bencana angin kencang," kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Rabu (23/2).

Dengan status tersebut, Pemkab Gunungkidul dapat menggunakan alokasi biaya tak terduga (BKK) untuk penanganan dampak bencana, terutama memperbaiki bangunan yang rusak.

Meskipun demikian, Sunaryanta menyebut masih harus menunggu hasil inventarisasi secara keseluruhan untuk perincian skema pencairan BKK.

Proses tersebut dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, salah satunya Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP).

Dia mengatakan proses penanganan masih terus berjalan di lokasi. Bantuan untuk warga terdampak pun terus berdatangan.

"Ada banyak indikator, mulai cakupan wilayah terdampak sampai jumlah korban jiwa," katanya.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memutuskan untuk menetapkan status tanggap darurat bencana angin kencang untuk salah satu kecamatan di sana.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia