Selamat, Dusun Ngireng Ireng Jadi Percontohan Kampung Pancasila

Senin, 04 April 2022 – 16:03 WIB
Selamat, Dusun Ngireng Ireng Jadi Percontohan Kampung Pancasila - JPNN.com Jogja
Dusun Ngireng Ireng sebagai Kampung Pancasila. Foto: Instagram/Pemkab Bantul

jogja.jpnn.com, BANTUL - Dusun Ngireng Ireng di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul ditetapkan sebagai Kampung Pancasila.

Penetapan Kampung Pancasila dipelopori oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0729 Bantul bersama Pemerintah Kabupaten Bantul. 

Komandan kodim (dandim) 0729/bantul letkol inf. Agus Indra Gunawan mengatakan Dusun Ngireng Ireng dipilih sebagai pelopor Kampung Pancasila karena di sana sangat menonjol kehidupan yang rukun antarumat bergama. 

Selain kerukunan umat, di Dusun Ngireng Ireng juga terdapat beberapa tempat ibadah lintas agama, seperti gereja dan masjid, tetapi tercipta kerukunan antarwarga secara berdampingan.

"Beberapa tempat ibadah, kemudian juga kehidupan guyub rukun ini menjadi salah satu penilaian kami untuk menjadikan kampung ini sebagai Kampung Pancasila. Tujuan utamanya sebagai penangkal masuknya paham-paham radikal," katanya.

Dia berharap keberadaan Kampung Pancasila tersebut dapat menjadi penangkal dari berbagai gangguan yang dapat merusak Pancasila sebagai dasar ideologi negara.

"Khususnya bagi kami untuk membentuk ruang, alat juang yang tangguh menangkal berbagai tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang ada dari luar," katanya.

Setelah pencanangan Kampung Pancasila itu, tambahnya, akan ada beberapa program yang menggambarkan keanekaragaman suku bangsa, agama, dan bahasa, tetapi tetap satu Indonesia.

Kodim Bantul dan Pemkab Bantul menetapkan Dusun Ngireng Ireng sebagai Kampung Pancasila karena beberapa pertimbangan berikut ini. Selamat ya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News