Wahai Warga Jogja, Maukah Membantu Memulihkan Masa Depan Eks Pelaku Klitih?

Rabu, 13 April 2022 – 10:03 WIB
Wahai Warga Jogja, Maukah Membantu Memulihkan Masa Depan Eks Pelaku Klitih? - JPNN.com Jogja
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dorongan empati masyarakat Jogja untuk membantu program pengawasan dan pembinaan anak nakal. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Maraknya aksi kejahatan jalanan atau klitih di Yogyakarta belakangan ini menjadi sorotan publik. 

Respons cepat diambil Pemda DIY dengan rencana membangun boarding school berbasis foster care atau asrama dengan pengasuh.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan di sana nantinya anak-anak yang terindikasi atau pernah terlibat aksi kriminal akan mendapatkan pengawasan dan pembinaan.

Selain itu, anak-anak tersebut juga mendapatkan fasilitas untuk melanjutkan pendidikannya. 

Ngarsa Dalem turut mendorong masyarakat Yogyakarta untuk ikut membantu secara finansial anak-anak eks pelaku klitih.

"Bisa enggak dia diambil anak oleh orang lain, ya kami coba. Orang Jogja punya empati untuk membantu orang itu tidak? Mungkin sekadar untuk kebutuhan sekolah atau membelikan seragam," kata Ngarsa Dalem pada Selasa (12/4).

Menurutnya, unsur sosial dan kemanusiaan tersebut akan coba didorong oleh pemerintah daerah. 

"Misalnya, ada orang Jogja yang mau membantu itu kan boleh saja. Jangan apa-apa pemerintah, masyarakat bagaimana? Modal sosial kita kan besarnya di situ sampai sekarang," katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap masyarakat Jogja ikut andil membantu memberikan perhatian kepada anak yang terlibat kejahatan jalanan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia