Pemda DIY Mengandalkan Satu Sektor Ini untuk Pemulihan Ekonomi

Kamis, 14 April 2022 – 22:03 WIB
Pemda DIY Mengandalkan Satu Sektor Ini untuk Pemulihan Ekonomi - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tak menampik bahwa pemulihan ekonomi DIY berpijak pada salah satu engine of growth yaitu pariwisata.

Menurutnya, kunjungan wisatawan yang kembali naik bisa mendongkrak kembali sektor perekonomian serta berdampak pula pada sektor-sektor yang terhubung seperti perhotelan, industri kuliner, transportasi, perdagangan dan destinasi wisata.

“Saat ini Pemda DIY telah mengupayakan promosi wisata yang bersifat inklusif, berbasis brain awareness serta mendorong implementasi aplikasi Peduli Lindungi dan sistem reservasi Visiting Jogja untuk dunia pariwisata,” ujar Ngarsa Dalem dalam pembukaan webinar Sinergi Institusi Menuju Jogja Sebagai Tujuan Pariwisata Yang Bertanggung Jawab pada Selasa (12/4).

Guna mempercepat proses pemulihan sektor pariwisata, Sri Sultan mengatakan diperlukan beberapa strategi. 

Untuk mempercepat proses pemulihan sektor pariwisata, disebutkannya beberapa strategi itu yaitu reformulasi produk, melakukan integrasi horizontal antar sektor-sektor bisnis, kemitraan sinergis dan pemasaran objek-objek wisata didesain dengan mengadopsi semangat co-opetition dan co-creation di dalam suatu jaringan aliansi strategis.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa program dan strategi pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan universal dapat diselaraskan dengan tujuan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Pariwisata mempunyai kewajiban untuk menghapus kemiskinan, mengakhiri kelaparan, penyelenggaraan kesehatan yang baik, kesejahteraan, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender serta akses air bersih dan sanitasi," jelasnya. (mcr25/jpnn)

Pemda DIY mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata yang kembali bergeliat.

Redaktur : Januardi Husin
Reporter : M. Syukron Fitriansyah

Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia