Masyarakat yang Mau Mudik ke Jogja, Dengarkan Saran Sultan HB X, Penting

Senin, 25 April 2022 – 23:03 WIB
Masyarakat yang Mau Mudik ke Jogja, Dengarkan Saran Sultan HB X, Penting - JPNN.com Jogja
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jumlah orang yang akan mudik dari dan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan meningkat tajam pada tahun ini. 

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (30/4) sehingga volume kendaraan dan penumpang di DIY akan sangat padat. 

Oleh karena itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

"Itu ada yang bisa (mudik) lebih awal lebih baik. Daripada nanti (bersamaan) sekaligus, bisa tidak memungkinkan," kata Sultan seusai Rakor Cipta Kondisi Idulfitri DIY bersama Forkopimda di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (25/4).

Menurut Sultan, jumlah pemudik di DIY pada Lebaran 2022 bakal mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil survei, jumlah warga yang hendak mudik ke arah DIY diperkirakan mencapai 3,9 juta orang atau tiga kali lipat dari biasanya, seiring kebijakan pelonggaran mudik oleh pemerintah.

"Semoga saja mereka tidak bersamaan. Lebih baik awal-awal begini kalau memang memungkinkan daripada saat hari raya," ujar Sultan.

Menurut Sultan, ketika pemudik tinggal lebih awal dan lebih lama di DIY, kesempatan mereka untuk berbelanja di DIY akan semakin besar sehingga ekonomi masyarakat lokal bisa berputar dengan baik.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau beberapa hal penting kepada masyarakat yang hendak mudik ke Jogja. Dengark!
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News