Tahun Ini Tak Banyak Masyarakat Jogja yang Mudik Pakai Bus, Ini Penyebabnya

Rabu, 27 April 2022 – 11:03 WIB
Tahun Ini Tak Banyak Masyarakat Jogja yang Mudik Pakai Bus, Ini Penyebabnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi penumpang bus untuk mudik lebaran. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Volume penumpang yang datang dan berangkat menggunakan moda transportasi bus sudah mulai meningkat ketimbang hari biasa. 

Pada Senin (25/4/2022), penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan Yogyakarta menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tercatat sebanyak 3.496 orang.

Sedangkan untuk jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan juga mulai menunjukkan kenaikan jika dibanding penumpang di luar masa Angkutan Lebaran 2022.

Pada Senin (25/4/2022), penumpang bus AKAP yang tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta tercatat sebanyak 2.877 orang atau naik dibanding penumpang pada hari biasa sekitar 1.500 orang per hari.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada Sabtu (30/4/2022), tetapi saya belum bisa menghitung perkiraan jumlah penumpangnya. Kami akan lihat dalam dua atau tiga hari ini," Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta.

Meskipun demikian, Bekti menyebut jika jumlah penumpang yang akan datang maupun berangkat dari Terminal Giwangan pada tahun ini tidak akan sebanyak penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2019.

"Banyak pemudik yang tahun ini memilih menggunakan kendaraan pribadi sehingga penumpang bus pun mengalami penurunan," katanya.

Penurunan jumlah penumpang juga terlihat dari bus mudik gratis yang akan tiba di Terminal Giwangan, yaitu dari Pemerintah DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan, masing-masing 40 bus dan 46 bus.

Masyarakat yang mudik menggunakan bus dari dan menuju Yogyakarta diperkirakan tak sebanyak sebelum pandemi. Ini penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News