Demi Pemudik, Penambang Pasir di Lereng Gunung Merapi Dilarang Beroperasi

Rabu, 27 April 2022 – 09:03 WIB
Demi Pemudik, Penambang Pasir di Lereng Gunung Merapi Dilarang Beroperasi - JPNN.com Jogja
Truk penambang pasir lereng Gunung Merapi. FotoANTARA/HO-Tim Reaksi Cepat BPBD Sleman

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Demi memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini, Polres Sleman melarang truk pengangkut pasir lereng Gunung Merapi untuk beroperasi. 

Keputusan itu diambil karena beberapa ruas jalan di lereng Gunung Merapi sering dijadikan jalur alternatif untuk mudik Lebaran.

"Untuk kelancaran, truk pasir dilarang beroperasi selama arus mudik dan balik," kata Kapolres Sleman Achmad Imam Rifai.

Selain itu, truk pengangkut pasir juga sering melintas di jalanan umum sehingga dikhawatirkan bakal menambah volume kendaraan di jalur mudik. 

Bebera jalur yang ingin disterilkan oleh polisi adalah Jalan Kaliurang Pakem dan kawasan lava tour Merapi di Cangkringan.

Ia memperkirakan ruas-ruas jalan menuju destinasi wisata ini akan padat pada masa libur Lebaran.

Kendaraan angkutan barang, lanjut dia, selain yang mengangkut bahan kebutuhan pokok, BBM, dan kebutuhan utama lainnya, juga dilarang beroperasi selama arus mudik dan arus balik, baik itu di jalan kabupaten, jalan provinsi, maupun jalan nasional.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana menyatakan bahwa jalur-jalur alternatif arus mudik yang melintasi Kabupaten Sleman saat ini kondisinya baik dan siap untuk arus mudik.

Polres Sleman melarang truk penambang pasir di lereng Gunung Merapi untuk beroperasi selama arus mudik Lebaran. Hal itu demi memperlancar arus mudik.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News