Yuk, Ikut Festival Dalang Anak, Cek Cara Daftar dan Syaratnya

Minggu, 22 Mei 2022 – 20:00 WIB
Yuk, Ikut Festival Dalang Anak, Cek Cara Daftar dan Syaratnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi festival dalang anak. Foto: tangkapan layar Instagram PW_Kisenonugroho

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Bagi Anda yang memiliki anak dengan bakat sebagai dalang, tidak ada salahnya untuk mendaftar dalam kegiatan festival dalang anak dan remaja yang akan diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Kegiatan itu akan diselenggarakan secara luring selama dua hari pada 6-7 Juni bertempat di nDalem Ngabean, Kecamatan Kraton.

Tujuan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar festival dalang anak dan remaja adalah untuk regenerasi seniman pedalangan agar seni tersebut tetap tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

"Kegiatan ini dikhususkan untuk anak-anak dan remaja yang berasal dari Kota Yogyakarta," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, Minggu (22/5).

Selain itu, festival dalang anak dan remaja tersebut ditujukan untuk memberikan motivasi, membangkitkan kreativitas, dan kecintaan generasi muda terhadap seni pedalangan sehingga nanti muncul dalang-dalang baru yang siap melestarikan seni tersebut.

Kuota peserta dibatasi hanya untuk masing-masing 10 dalang anak, yaitu berusia 8-15 tahun dan dalang remaja atau berusia 16-20 tahun.

Anak dan remaja dari Kota Yogyakarta dapat melakukan pendaftaran secara daring dengan mengisi link google form https://bit.ly/3M6nKhV atau melakukan scan QR Code di Instagram Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Pendaftaran dibuka hingga 31 Mei.

Saat mendaftar, calon peserta juga diwajibkan mencantumkan link google drive video mendalang atau memainkan wayang secara sederhana dengan durasi 5-10 menit.

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menggelar festival dalang anak dan remaja pada Juni 2022. Yuk, daftar. Ini syarat dan cara mendaftar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News