Waduh, Nelayan di Gunungkidul Tak Boleh Melaut, Ini Sebabnya

Rabu, 25 Mei 2022 – 10:17 WIB
Waduh, Nelayan di Gunungkidul Tak Boleh Melaut, Ini Sebabnya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi nelayan di Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Nelayan di Gunungkidul yang biasanya mencari ikan di laut selatan untuk sementara diminta menyandarkan kapal mereka.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ada potensi terjadinya kenaikan gelombang laut di kawasan pantai selatan Jawa.

Hal itu membuat Tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah II Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta nelayan tidak melaut sementara waktu.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan gelombang tinggi kemungkinan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Marjono mengatakan nelayan di Gunungkidul telah proaktif mematuhi imbauan tersebut.

Mereka memilih menaikkan perahu yang biasa bersandar di dermaga Pantai Baron ke tempat yang dinilai jauh lebih aman.

"Berdasarkan grafik prediksi kenaikan gelombang yang telah didapat dari BMKG, puncak kenaikan gelombang akan terjadi pada Selasa malam ini. Dalam grafik terlihat kenaikannya mencapai 4 hingga 6 meter," kata dia, Selasa (24/5)

Tak hanya mengimbau nelayan, SAR juga memberi peringatan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan pantai.

Nelayan yang ada di Gunungkidul diminta untuk tidak melaut sementara waktu. BMKG memperkirakan bahwa akan ada gelombang tinggi beberapa hari ke depan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia