Sultan HB X Punya Arahan untuk Pabrik Cerutu Taru Martani, Dengarkan!

Selasa, 14 Juni 2022 – 19:01 WIB
Sultan HB X Punya Arahan untuk Pabrik Cerutu Taru Martani, Dengarkan! - JPNN.com Jogja
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi pabrik cerutu PD Taru Martani pada Selasa (14/6). Foto: Humas Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Perusahaan Daerah (PD) Taru Martani merupakan pabrik cerutu yang berdiri pada 1918 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap PD Taru Martani yang telah berumur puluhan tahun mampu meningkatkan penjualan cerutu.

Raja Yogyakarta tersebut meminta PD Taru Martani dapat diversifikasi produk untuk meningkatkan penjualannya.

"Pemasaran cerutu sudah lebih bagus dibandingkan beberapa tahun lalu dan bisa mengeluarkan branding sendiri sehingga marketnya lebih besar," kata Ngarsa Dalem disela-sela kunjungannya di pabrik PD Taru Martani pada Selasa (14/6).

Menurutnya, diversifikasi dapat menjadi langkah bagi PD Taru Martani untuk meningkatkan ekspor produknya.

Sejak berdiri pada 1918, BUMD milik DIY ini konsisten memproduksi 14 jenis cerutu kualitas ekspor seperti Cigarillos/Treasure, Extra Cigarillos, Senoritas, Panatella, Slim Panatella, Half Corona, Corona, Super Corona/Grand Corona, Boheme, Perfecto, Royal. Rothschild dan Churchill.

Selain itu, PD Taru Martani juga memproduksi tiga formulasi campuran cerutu, yaitu Natural Cigar, Flavour Cigar dan Mild Cigar. 

“Karena nilai aset di sini dengan keuntungannya belum seimbang. Jadi, perlu dinaikkan lagi meski perlu modal yang lebih besar. Namun, dengan harapan seperti itu kita bisa mengembangkan potensi ini untuk memberikan ruang ekspor yang besar," jelasnya. 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap PD Taru Martani dapat diversifikasi produk untuk meningkatkan penjualannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia