BMKG Bawa Kabar Soal Rob di Pantai Selatan Jogja, Nelayan dan Wisatan Diminta Waspada

Rabu, 15 Juni 2022 – 15:10 WIB
BMKG Bawa Kabar Soal Rob di Pantai Selatan Jogja, Nelayan dan Wisatan Diminta Waspada - JPNN.com Jogja
Waspada rob di pesisir pantai selatan Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperingatkan bahwa akan ada potensi rob atau pasang di pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada14 hingga 23 Juni 2022.

Kepala Kelompok Data Analisis Prakirawan BMKG Yogyakarta Romadi menjelaskan bahwa rob diperkirakan terjadi akibat adanya pengaruh fenomena supermoon, yaitu fase bulan purnama yang bersamaan dengan fase pasang air laut tertinggi.

Adapun jarak terdekat Bulan dengan Bumi bakal terjadi pada 14 Juni 2022.

Pada jarak terdekat tersebut, tinggi gelombang di pesisir selatan DIY diperkirakan mencapai 2,5 hingga empat meter lebih.

Gelombang tinggi tersebut juga dipicu munculnya pola tekanan rendah di barat Australia, barat daya Sumatra, dan barat daya Kalimantan.

"Pola tekanan rendah tersebut membentuk pola kecepatan angin yang konsisten dengan kecepatan bisa mencapai 45 kilometer per jam bahkan lebih, pola kecepatan yang kencang ini juga mempengaruhi tinggi gelombang yang cukup tinggi," kata dia.

Bukan hanya di Jogja, menurut BMKG, potensi gelombang tinggi ini hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Romadi meminta masyarakat yang beraktivitas di sepanjang pantai selatan, khususnya nelayan dan wisatawan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak rob.

BMKG Yogyakarta mengingatkan nelayan dan wisatawan akan adanya potensi bahaya rob di pesisir pantai selatan. Tingkatkan kewaspadaan, lur.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News