PMI Ungkap Stok Darah di Gunungkidul, Alhamdulillah

Kamis, 23 Juni 2022 – 09:48 WIB
PMI Ungkap Stok Darah di Gunungkidul, Alhamdulillah - JPNN.com Jogja
Stok darah di Gunungkidul. Foto: Source for JPNN.com.

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki stok darah yang melimpah pada periode Januari - Mei 2022, melebihi jumlah permintaan yang masuk.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunungkidul mengungkapkan stok darah di daerah itu mencapai 2.799 kantong, sedangkan tingkat permintaan hanya 2.696 kantong.

Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo mengatakan kelebihan stok darah itu membuat PMI bisa mengekspor darah ke daerah lain yang lebih membutuhkan.

Tahun lalu, PMI Gunungkidul hanya memiliki stok 5.578 kantong darah, sedangkan permintaannya mencapai 5.871 kantong.

PMI Gunungkidul berharap peringatan Hari Donor Darah Sedunia setiap 14 Juni menjadi momentum untuk meningkatkan rasa kepedulian dan solidaritas dari para pendonor.

"Kami juga berharap akan lebih banyak lagi yang bersedia menjadi pendonor darah sukarela," katanya.

Iswandoyo mengatakan total ada 98 kelompok pendonor di Gunungkidul.

Yang aktif dan rutin melakukan donor setiap tiga bulan sekali sebanyak 54 kelompok, berasal dari berbagai instansi dan lembaga masyarakat.

PMI Gunungkidul mengungkapkan stok darah di daerah itu melebih jumlah permintaan yang masuk hingga saat ini. Alhamdulillah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News