Ruwatan Murwokolo Nusantara akan Digelar di Bantul, Yuk, Segera Daftar

Minggu, 03 Juli 2022 – 10:11 WIB
Ruwatan Murwokolo Nusantara akan Digelar di Bantul, Yuk, Segera Daftar - JPNN.com Jogja
Dalang Ruwatan Murwokolo Nusantara Ki Kasidi. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan segera menyaksikan sebuah tradisi Jawa yang digelar untuk membuang sial.

Kegiatan itu bernama Ruwatan Murwokolo Nusantara yang akan dilaksanakan pada 13 Agustus mendatang di Candi Tirta Kasongan, Kabupaten Bantul.

Ketua panitia Ruwatan Murwokolo Nusantara Ki Kasidi Hadiprayitno MRBA Kawindrawinoto mengatakan ruwatan berarti upacara adat dan religi melalui doa dalam pentas seni budaya.

"Bertujuan untuk memperbaiki berbagai hal aura buruk," kata Ki Kasidi, Sabtu (2/7).

Ruwatan Murwokolo Nusantara akan dipimpin langsung oleh Ki Kasidi, seseorang dalang yang memiliki keahlian dan mewarisi kemampuan ayahnya.

Kasidi adalah guru besar dalam bidang pedalangan di salah satu perguruan tinggi seni Indonesia ternama di Yogyakarta.

Pada kegiatan itu, nantinya bukan hanya orang yang diruwat, tetapi mapak tunggak (bangunan), ruwat bumi (tanah pekarangan), ruwat tikus (tanah pertanian), bisnis perusahaan serta berbagai persoalan tentang aura buruk dalam kehidupan.

Ki Kasidi mengatakan dalam Murwokolo ini berarti menghalangi adanya aura angkara murka yang kemungkinan ada pada pribadi, bangunan, tempat, bisnis, jodoh, dan lain sebagainya.

Pada 13 Agustus mendatang masyarakat Jogja bisa menyaksikan acara budaya Ruwatan Murwokolo Nusantara di Kasonga, Bantul. Yuk, buruan daftar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News